Sekolah adalah tempat dimana anak-anak untuk menuntut ilmu, belajar bagaimana berkomunikasi dengan orang banyak, belajar bagaimana cara untuk saling menghargai satu dengan yang lainnya dan mengembangkan karakter baik dan bertumbuh. Melalui pendidikan atau sekolah, dapat melahirkan generasi yang unggul, berkarakter, berbudaya dan dapat berkompeten di masa depan. Untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka sistem pendidikan yang baik sangatlah diperlukan di masa sekarang. Apalagi di era
Mengembangkan Sekolah Menjadi Lebih Baik dan Maju
Sekolah
adalah tempat dimana anak-anak untuk menuntut ilmu, belajar bagaimana
berkomunikasi dengan orang banyak, belajar bagaimana cara untuk saling
menghargai satu dengan yang lainnya dan mengembangkan karakter baik dan
bertumbuh. Melalui pendidikan atau sekolah, dapat melahirkan generasi yang
unggul, berkarakter, berbudaya dan dapat berkompeten di masa depan. Untuk
meningkatkan kualitas sumber daya manusia, maka sistem pendidikan yang baik
sangatlah diperlukan di masa sekarang. Apalagi di era sekarang tuntutan
globalisasi mendorong dunia pendidikan untuk terus melakukan inovasi. Sekolah
harus terus berbenah untuk menciptakan terobosan yang baik, yaitu dari segi
penerapan manajemen sekolah, praktik pembelajaran di kelas, kesiapan fasilitas
belajar, sumber daya manusianya, dan menciptakan lingkungan belajar yang
positif. Hal ini menjadi salah upaya untuk menciptakan sekolah yang unggul.
Beberapa
faktor yang harus dicapai bila ingin membangun sekolah, yaitu kepemimpinan
kepala sekolah yang profesional, memiliki guru-guru yang tangguh dan
profesional, memiliki tujuan pencapaian filosofis yang jelas. Membangun lembaga
pendidikan bermutu tidak mudah, bukan saja tergantung pada anggaran yang
tersedia, kepemimpinan dan manajemen yang dianggap hebat, dan didukung oleh orang-orang penting. Tidak
sedikit lembaga pendidikan yang memiliki dukungan dana yang lebih, akan tetapi
lembaga pendidikan tersebut tetapi tidak maju, demikian pula menyangkut
kemampuan managerial dan leadership. Ada saja lembaga pendidikan yang didukung
oleh pakar di bidang manajemen pendidikan, ternyata justru mengalami
kemunduran.
Memajukan lembaga pendidikan tidak selalu bisa dihitung secara matematis dengan menggunakan akal sehat sekalipun. Dalam membangun lembaga pendidikan tentu harus melibatkan semua elemen seperti guru, siswa, orang tua siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar serta hal yang paling penting adanya niat, adanya usaha yang tidak mengenal lelah, dan adanya semangat yang kuat agar sekolah menjadi lebih baik dan maju.
Ada
berbagai cara yang bisa dilakukan untuk membangun dan mengembangkan sekolah
menjadi lebih baik dan maju:
Guru adalah orang yang bersentuhan langsung dengan siswa melalui kegiatan pembelajaran, keberadaan guru yang berkualitas dan profesional akan disenangi siswa dan orang tua siswa karena melakukan tugas dengan baik terutama dalam mendidik para siswa melalui kegiatan belajar mengajar. Guru sebagai pendidik memiliki peran yang lebih luas, tidak hanya mengajar, tetapi juga membentuk karakter dan kepribadian siswa.
Program pelatihan untuk guru ini sangat penting untuk menunjang kinerja guru dalam mengajar di kelas. Pelatihan ini dapat dilakukan dengan berbagai cara, agar guru memiliki sistem atau teknik belajar yang beragam. Jika guru hanya menggunakan cara lama atau monoton, siswa dapat merasa bosan dan kurang produktif di kelas. Kemudian, siswa yang kurang produktif di kelas, bisa jadi mengalami penurunan nilai akademik. Program pelatihan untuk guru ini bisa dilakukan sebulan sekali atau dua kali. Merancang program untuk guru sangat bermanfaat untuk kemajuan sekolah dalam membangun sekolah yang lebih baik dan maju dalam berbagai bidang yang diinginkan.
Sebaik apapun guru yang dimiliki oleh sekolah kalau tidak dilengkapi dengan fasilitas yang dapat mendukung profesionalisme guru maka hasilnya tidak akan memuaskan, atau tidak akan maksimal. Jadi keberadaan guru yang berkualitas akan berkaitan dengan lengkapnya fasilitas sekolah. Salah satu fasilitas yang harus dimiliki oleh semua sekolah yaitu adanya perpustakaan, karena perpustakaan ada salah satu tempat untuk mengembangkan wawasan siswa dan guru. Pada hakikatnya perpustakaan berfungsi untuk memupuk dan menumbuhkembangkan minat serta bakat siswa dan guru untuk membaca dan menulis, memperkenalkan teknologi informasi, dan membiasakan mengakses informasi secara mandir.
Sekolah memiliki visi dan misi yang jelas bisa diartikan sebagai sekolah memiliki tujuan yang akan dicapai yang jelas dan relevan. Jika memiliki misi membangun sekolah yang baik dan maju, semua anggota sekolah juga harus memiliki misi yang sama. Visi dan misi ini tidak hanya untuk guru atau kepala sekolah, tetapi juga buat seluruh warga sekolah. Dengan visi dan misi tersebut, warga sekolah akan lebih mudah membangun sekolah yang baik dan maju serta dapat dibanggakan. Tidak hanya visi, sekolah juga harus memiliki perwujudan usaha, yaitu misi. Seluruh warga sekolah harus ikut terlibat dalam melaksanakan visi dan misi sekolah. Karena jika hanya diutarakan dan tidak diusahakan, tidak akan tercapai tujuan membangun sekolah yang baik dan maju.
Selain akademik, prestasi sekolah akan dilihat dari prestasi ekstrakurikuler, oleh karena itu sekolah harus berani mendukung dan membiayai kegiatan ekstrakurikuler terutama yang dapat mengembangkan skill siswa. Karena dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler tersebut dapat mengasah kemampuan siswa di bidang non akademik, siswa juga dapat memilih sendiri jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan kemampuannya.
Dalam membangun sekolah yang baik dan maju diperlukan komunikasi yang baik, antara kepala sekolah, staf, guru, siswa maupun orang tua siswa. Pasalnya, pembangunan sekolah yang baik dan maju memerlukan komunikasi yang baik. Apabila komunikasi yang terjalin antar anggota sekolah tidak baik, perpecahan dan perbedaan pendapat mungkin saja terjadi. Hal ini menyebabkan tidak sama tujuan yang akan dicapai. Membuat misi membangun sekolah yang baik dan maju hanya menjadi isu belaka. Pembentukan sekolah yang baik dan maju sangat membutuhkan komunikasi yang baik dan harus memiliki tujuan yang sama. Jika tujuan sudah sama, membangun sekolah yang baik dan maju akan lebih mudah.
Terutama
dalam keseriusan belajar keberadaan siswa yang tidak serius dalam belajar akan
membawa dampak kepada siswa lain yang ingin belajar dengan serius, oleh sebab
itu memberikan sanksi yang tegas adalah sebuah keniscayaan agar lingkungan
terjaga dan kondusif. Bahkan jika ada guru dan staf yang melanggar aturan tetap
harus diberikan sanksi, karena untuk menegakan aturan tersebut perlakuannya
tidak hanya untuk siswa saja tapi berlaku juga bagi seluruh warga sekolah.
Sekolah juga harus berani membuat aturan yang berlaku untuk seluruh warga
sekolah yaitu 1. Tidak boleh merokok, 2. Tidak boleh melakukan kekerasan, 3.
Tidak boleh mencontek, dan 4. Tidak boleh membuang sampah sembarang.
Rencana
yang strategis dan bertahap dalam pembangunan sekolah yang baik dan maju harus
memiliki rencana dan strategi yang bertahap. Pembangunan sekolah yang baik dan
maju tidak dapat dilakukan dengan cara instan. Akan tetapi, pembangunan ini
memiliki beberapa tahap yang harus dilalui. Dengan begitu, sekolah harus
memiliki rencana yang terstruktur. Rencana ini biasanya tidak hanya ditempuh
dalam satu periode, tetapi juga membutuhkan waktu. Dengan begitu, rencana dan
strategi ini harus dilakukan bertahap dan selalu penuh dengan pertimbangan.
Selain itu, sekolah juga membutuhkan pembentukan karakter yang mampu mensukseskan
rencana yang bertahap tersebut.
Tidak adanya kekerasan verbal, kekerasan fisik antar sesama siswa dan guru dengan siswa, maupun siswa dengan guru. Lingkungan sekolah harus selalu dalam keadaan bersih dan melarang seluruh warga sekolah untuk membuang sampah pada tempatnya, adanya kegiatan yang mendukung untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah karena lingkungan sekolah juga menjadi fasilitas untuk proses belajar mengajar dan jika lingkungan sekolah bersih maka seluruh warga sekolah juga akan nyaman untuk belajar. Adanya kegiatan yang dapat memahami siswa agar tidak melakukan kekerasan verbal maupun kekerasan fisik baik antar siswa maupun guru dengan siswa atau siswa dengan guru. Lingkungan belajar yang positif harus terbentuk dengan alamiah dalam berbagai aktivitas yang dapat dirasakan bukan hanya warga sekolah tapi juga orang lain dan lingkungan sekitar.
Selain uraian di atas, teamwork yang solid juga menjadi kunci dalam pembangunan sekolah yang unggul. Karena jika teamwork sudah solid, sudah bisa dipastikan memiliki tujuan yang sama. Hal ini akan mempermudah dalam menyusun rencana dan tujuan. Strategi yang bertahap pun akan lebih mudah dicapai. Visi dan misi yang sama akan memudahkan dalam mewujudkan sekolah yang lebih baik dan maju dalam berbagai bidang. Dalam pembentukan teamwork yang solid, harus memiliki skill dalam menyatukan berbagai isi kepala. Karena dalam satu Teamwork pasti memiliki berbagai pemikiran yang susah disatukan. Akan tetapi, hal ini pasti akan mampu meningkatkan kemampuan komunikasi seluruh warga sekolah.
Hubungan kerja sama yang baik antara guru, orang tua dan siswa adalah momentum yang sangat tepat dalam rangka menciptakan proses belajar mengajar yang efektif dan efesien serta produktif baik di sekolah maupun di rumah, sehingga sekolah akan menjadi lebih baik dan maju untuk kedepannya. Jadi semua cara diatas akan berhasil dilaksanakan jika seluruh warga sekolah, orang tua dan seluruh elemen masyarakat ikut membantu dan mendukung untuk melaksanakannya secara bersama-sama.
Penulis:
Saiful Bahri, S.Pd.I guru Matematika SMP Plus Al Athiyah, Lembah Seulawah, Aceh
Besar.